Published On: Tue, Mar 6th, 2012

[Cerita Legenda] : Misteri Mojopahit dan Buah Mojo

Oleh : Erryk Kusbandhono

 

Buah Maja

Teman, pernahkah anda menjumpai atau sekedar tahu dengan buah Mojo? Nah kalau belum tahu, maka akan saya ceritakan tentang sebuah Mitos dari daerah saya tentang Buah Mojo dan hubungannya dengan Kerajaan Besar di Nusantara ini yaitu Kerajaan Mojopahit.

 

Buah Mojo adalah buah yang khas dan rasanya pahit. Buah ini tidak bisa dikonsumsi alias tidak bisa dimakan. Buah ini seukuran kepala manusia. Kalau masih muda, buah ini warnanya hijau daun. Namun, kalau sudah menua, buah ini berubah menjadi hijau matang atau warnanya berubah menjadi kekuningan. Adapun pohonnya, seperti pohon-pohon yang besar sehingga ketinggian pohonnya bisa menjadi 3-4 meter.

Buah Mojo menjadi ciri khas bahwa ditempat atau di daerah tersebut, telah berdiri sebuah Kerajaan Besar yaitu Mojopahit. Karena ada cerita rakyat (Hikayat) yang saya dengar dari kakek secara turun-temurun bahwa Kerajaan Mojopahit akan semakin dekat apabila di suatu tempat tersebut ada Pohon dan Buah Mojo di dalamnya. Dan hanya di Tanah Jawa saja, buah ini ada. Kalaupun dibawa keluar Jawa, maka pohon ini tidak bisa berbuah.

 

Kerajaan Mojopahit daerah kekuasaannya di zaman keemasannya sampai ke Australia. Sehingga sebenarnya Indonesia (baca; zaman dulu) betapa sangat luas kekuasaannya. Yang mana waktu itu, dipimpin oleh Panglima Besar Gajahmada dengan Sumpah Palapa-nya yang bisa mempersatukan seluruh wilayah Indonesia.

 

Di prasasti atau relief yang ditemukan, wajah Gajahmada ini agak keliatan gemuk. Yang membuat ciri khas-nya Gajahmada adalah di tengah jidatnya ada benjolan khusus, sebagai penanda bahwasanya itu adalah Gajahmada. Lalu bagaimana dengan kesaktian Gajahmada??? Mengenai kesaktian, tidak diragukan lagi… Karena untuk memimpin pasukan ribuan dari Kerajaan yang Besar, bukan sembarangan orang yang sanggup dan bisa mengemban amanah tersebut.

 

Kembali ke Buah Mojo. Hingga detik ini, buah Mojo masih kita jumpai di daerah-daerah yang berdekatan dengan Kerajaan Mojopahit ini, beberapa daerah adalah Mojokerto, Mojoagung, Mojotrisno, Mojosongo, Mojosari, Mojoasri, Mojogeneng, Mojolegi, etc.

 

Yang menjadi keheranan saat ini adalah, sampai detik ini Kerajaan Mojopahit tidak pernah diketemukan padahal Segaran, Candi-candi, beberapa Keris maupun Tombak diketemukan di daerah Trowulan. Seakan-akan, Kerajaan tersebut di ghaib-kan dari pandangan kasat manusia dan ditelan oleh bumi, yang tidak bisa ditembus oleh teknologi modern.

 

Dulu, ketika saya masih SD (sekitar tahun 87-an), ada ekspedisi dan penggalian besar-besaran di gua di Hutan Wonoayu untuk mencari Kerajaan Mojopahit, karena ada teknologi dari Jepang yang bisa mendeteksi kalau bekas-bekas Kerajaan Mojopahit ada disana. Yang konon kabarnya, bila harta Kerajaan tersebut diketemukan, maka nominalnya bisa mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia dan mampu melunasi hutang-hutang Indonesia yang ratusan trilyun kepada dunia internasional.

 

Namun, bertahun-tahun penggalian dan pencarian tersebut, gagal total dan tidak mendapatkan hasil apapun. Hemmm… Biarlah Kerajaan Mojopahit menjadi misteri sampai kapanpun…Teman, Kerajaan Mojopahit telah menjadi sejarah agung di Nusantara ini. Semoga suatu saat, muncul keturunan-keturunan Gajahmada yang kelak bisa mengguncangkan dunia dengan mempersatukan wilayah Nusantara ini lagi dan menjadi Negara Super Power di tangan Right Man in The Right Place.

~0~

Gambar diambil dari sini

FB Comment

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>