Published On: Thu, Nov 24th, 2011

[Tips Menulis] Bagi Pemula

Oleh: Erryk Kusbandhono

 

Menulis adalah sebuah aktivitas yang sebenarnya sangat menyenangkan. Seolah-olah saya bisa berdialog dengan diri saya sendiri. Meskipun awalnya saya tidak tahu apa yang harus saya tulis. Nah, izinkanlah saya untuk berbagi tips menulis. Teman, untuk menjadi “Penulis Pemula”, awalilah dengan menulis apa saja yang ingin kamu tulis, jangan ragu untuk menulisnya dan jangan kamu baca tulisanmu sampai kamu selesai menulisnya. Kalau sudah selesai, baca dan edit tulisanmu.

 

Menulis juga memerlukan sebuah pembiasaan sebagaimana dalam mempelajari bahasa, saya ambil contoh Bahasa Arab. Ada empat unsur yang perlu diperhatikan dalam mempelajari Bahasa Arab yaitu keterampilan (maharah) istima’ (mendengar), kalam (berbicara), qiro’ah (membaca) dan kitabah (menulis). Keempat maharah kebahasaan ini akan lebih mudah untuk dipelajari manakala kita memaksakan diri untuk membiasakannya atau paling tidak ada waktu khusus untuk mempelajarinya.

Sama halnya dengan menjadi seorang Penulis Pemula yang baik, maka sudah semestinya sejak sekarang memberikan waktu khusus untuk melatih diri dalam menulis, dan tema yang diangkat dalam tulisan ini sifatnya bebas. Tidak harus yang bersifat pengetahuan dan memakai kata-kata ilmiah, aktivitas sehari-hari maupun curhat teman pribadi kita atau menonton sebuah film yang berkesan pun, bisa dijadikan bahan tulisan untuk mengembangkan keterampilan menulis kita.

Dengan asumsi tadi, tidak ada alasan untuk malu atau tidak menulis sesuatu (meskipun hanya sekedar catatan di facebook) atau menuliskannya di buku diary. Pembiasaan akan membuat diri menjadi terlatih, rasa malu dan takut akan menjadikan langkah tertatih untuk maju, berdiri, dan bisa berlari kencang dalam menulis.

Ayo semangat!!! Cepat bangkit!!! Jangan pernah menjadi orang yang terlambat lagi!!! Meskipun sesungguhnya tidak ada orang yang terlambat untuk menjadi lebih baik. Keberhasilan tidaklah diukur dengan banyaknya apa yang telah anda raih, namun diukur dari kegagalan yang anda hadapi dan keberanian yang membuat anda tetap berjuang melawan rintangan yang bertubi-tubi.

Menulislah sekarang juga!…

FB Comment

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>