Oleh Navwierqz Part X

 

Danau Malawen

Cerita ini berdasarkan hasil pembicaraan ringanku dengan mas Ariadi. Seorang teman asli kelahiran Buntok, Kalimantan Tengah. Saat aku bertanya tentang legenda legenda di daerah Kalimantan Tengah. Diapun mengisahkan tentang Danau Malawen. Danau yang dekat dengan kampung halamanya. Silahkan disimak. 🙂

Danau Malawen merupakan sebuah tempat wisata di daerah Malawen, Buntok, Kalimantan Tengah. Suatu tempat dimana adat istiadat masih sangt dijunjung tinggi disana. Yang menarik dari tempat ini adalah adanya cerita dari masyarakat tentang asal usul danau tersebut.

Dahulu kala ada sebuah perkampungan di pedalaman Kalimantan Tengah. Namun anehnya perkampungan tersebut tidak memiliki nama. Hingga pada suatu hari ada seorang yang sakti membawa sebuah piring ke perkampungan tersebut. Piring yang terbuat dari jenis batu malawen itu diyakini memiliki kesaktian yang luar biasa. Saking saktinya hingga piring tersebut jika diletakkan makanan, makanan itu mampu dimakan satu kampung.

Namun syaratnya penduduk kampung tersebut harus melakukan ritual setiap tahunnya. Tujuanya agar sang penjaga kemakmuran dan kesejahteraan tidak marah.dan masyarakatpun hidup dengan damai tentram aman sentaosa.  Akan tetapi namanya manusia tetap ada khilafnya. Rasa sombong dan egois selalu timbul pada diri setiap manusia.

Suatu hari masyarakat di perkampungan Malawen  telah salah melakukan ritualnya. Ada sesuatu hal yang telah melanggar adat istiadat mereka. Dan sang penjaga kemakmuran dan kesejahteraan itupun marah besar. Semua masyarakat di perkampungan itu mengalami kesurupan dan saling berebut piring sakti malawen.suasana kacau menyelubungi perkampungan itu. Pada saat yang bersamaan langit tiba tiba menjadi gelap. Cuaca berubah seketika seperti ingin menumpahkan gumpalan gumpalan air.  Dan satu persatu penduduk malawen itu berubah menjadi batu. ( diyakini dari sumber bahwa jika salah dalam melakukan ritual atau melalukan yang menyalahi adat akan berubah menjadi batu )

Setelah semua penduduk telah berubah menjadi batu. Perlahan lahan air mulai menggenangi perkampungan itu. Hingga terus menerus meninggi dan jadilah sebuah danau. Dikarenakan terletak tepat di perkampungan malawen. Danau tersebut diberi nama Danau Malawen.dan si pria sakti yang telah membawa piring tersebut berubah menjadi buaya besar yang menjaga danau malawen itu.

Menurut mas ariadi, pernah ada seorang dari jawa mencoba menyelam ke Danau Malawen tersebut dan dengan kagetnya dia melihat patung 2 orang sedang berebut memegang piring di atas kepala mereka. Dan juga melihat patung patung manusia lainnya.

Demikian cerita daerah yang ada di sekitar tempatku berada. Sebelumnya aku sudah mencoba menjelajah di mbah google. Namun ceritanya berbeda versi tentang asal usul danau Malawen tersebut. Namun walau berbeda versi tetap saja ada persamaannya. Yaitu sama sama malawen berasal dan berhubungan dengan piring sakti.

Terlepas dari itu cerita yang saya dengar ini hampir mirip seperti cerita cerita nabi nabi yang kaumnya dilaknat Allah SWT karena tidak mematuhi perintahNya. Meskipun disini konteksnya berbeda. Yaitu kepercayaan adat. Entah cerita versi mana yang benar akupun juga tidak tahu.

 Wallahua’lam bilshawab.

~0~

Gambar di ambil dari sini

 

Tags: , , ,