Sambungan dari yang lalu bisa dibaca di siniΒ 

***

“iki jan jane do iso maos po ra to….?” gerutu mas jeck ngeloyor pergi..(Qurrota Ayun)

Tapi baru beberapa langkah, Jeck membalikkan badannya seraya berkata.. “lho pakdhe Heri Cahyo sapa? kok kayaknya aku kenal sih? seng hobi karo jus terong iku tah?” Saiki, pakdhe Heri iku wes dadi juragan menjes ngalam…(Hazil Aulia)

“lhoooo sekarang beliau dah jadi juragan terong sama menjes ya…ckckckck….kok saudara kita sekarang banyak juragannya ya, ada juragan travel seng paling ayu se-Pati juraganwati Qurrota Ayun, terus juraganwati seprei sama bedcover Onie Daulat….wahhhh jan marahi kepingin dadi juragan juga nie” kata Lek Karman (Sitie Zumaroh)

“sesama juragan terong dilarang saling mendahului…!”

“Kalau mau mendahului, silakan dahului juragan pancing ajah…!” (Abrar Rifai)

“oalaaahh kang, njenengan ki ra sah tarung TERONG ambi juragan sing ngaku2 ganteng Abrar Rifai”, sahut yu Parti sok menasehati suaminya Lek Karman.. (Qurrota Ayun)

“hax hax hax haxxxxxxx malah do rebutan terong….sekarang aku wes persis dr. Hazil Aulia ketawanya belum Yu Parti? soalnya aku ngefans berat sama beliau…ketawa saja juga kudu sama kalau ngaku ngefans” kata Jeck (Sitie Zumaroh)

“wooooiiii….terongkuuuu…”,Kang Mahfud mbengok buanter tenin sembari memunguti terong terong yang berserakan… (Qurrota Ayun)

Jeck yang masih penapsaran dengan isi buku yang kata mbakyu Sitie Zumaroh seng juragan pancing itu sangat apik, kini termangu dan sesekali terkekeh melihat dan mendengar percakapan Yu Parti, Lek Karman serta Lek Paijo. Gemuyu Yu Parti itu selalu mengingatkannya pada mbakyu Qurrota Ayun, sedulurnya yang kini menetap di Pati.

Saat Yu PArti menyebut-nyebut nama Abrar Rifai, ingatannya melayang ke saat-saat pertemuan gelap-gelapan dengannya di Hotel Aston Jogja yang megah itu. Allah memang maha kuasa… bisa mempertemukannya dengan al ustadz mas kyai al mukarram Abrar tersebut. Orangnya hangat, cepat akrab, dan pengetahuan keagamaannya patut diacungi jempol. Jeck tak pernah melewatkan tulisan-tulisan mas Abrar, karena ia merasa setiap untai kata dan kalimat yang tertulis sungguh menawan. (Hazil Aulia)

“Kang mas Edris Ernawan mau ning endi?” celetuk lek paijo yang sedari tadi klekaran ning amben..(Qurrota Ayun)

“wah jiannnn pertemuan yang sungguh gayeng, dulu ketika sahabatnya ustadz ganteng Erryk khan dan juragan kelinci om Nur Muhammadian mengajak ikut pertemuan di Hotel Aston kebetulan Jeck sedang ada kegiatan lain jadi terpaksa gak ikut pertemuan yang mengharukan dan penuh keakraban itu, palagi undangan budhe Endah Mamane Kirana dan Pakdhe Wahyudi sebenarkan menggiurkan…kapan bisa ikut ketemuan ya?” kata Jeck dalam hati (Sitie Zumaroh)

“ehem…..aku ra kuat nahan guyu…….jeng. Kalau mau tak tumpahkan gak enak sama kang Karman, lha wong kelihatannya lagi sedih gitu malah podo guyonan.” sahutnya lirih dari balik dinding bambu (Edris Ernawan)

Yu Parti nyletuk, jare mas Edris mau arep muleh gasik…. arep ngewajib… aku yo ora ngerti kamsud e opo ngewajib iku…. (Hazil Aulia)

“eh eh eh lah dalah..iki isih awan yo Kang, mas Edris Ernawan kok wes ameh ngeWajib ki opo ra sumuk?” sahut Yu Elly Lubis mesem mesem.. (Qurrota Ayun)

“Yo wisjeng ….. aku tak adus disik. Tadi baru setengah main terus dengar rumahnya pak Karman kok gayeng. Terus tak hentikan. Lha ini tengah malam begini aku kudu tetep mandi. Keburu sholat malam” (Edris Ernawan)

Jeck cuma ingat… bahwa para peserta pertemuan gelap-gelapan di hotel aston itu katanya para anggota PBB… agak heran juga dia, karena seingatnya PBB itu adanya di new york… kok sekarang pindah ke newyorkarto…. gumamnya dalam hati…(Hazil Aulia)

[terdengar para pembaca ngguyu ngakak…. kok yo uedan kabeh thooo kata mereka berbarengan…](Hazil Aulia)

“Lho isih awan to? Walah tak kiro sudah malam yu……. ternyata hanya karena kaca mata hitam saya belum tak copot to” (Edris Ernawan)

“PNBB jeck dudu PBB…disemprit dr Hazil Aulia karo pak kepsek ngko nek salah nyebut ” lek Karman nyeletuk karo mendeliki Jeck (Sitie Zumaroh)

“Lhoooo… wes ganti tho Lek?” sahut Jeck… alisnya terangkat…dahinya sedikit berkerut…. (Hazil Aulia)

“Hmm,” jeck bergumm, “jane wong2 ki soko ndi kabeh yo? Kok do ra nggenah…! PBB karo PNBB kui opo iseh seduluran?” (Abrar Rifai)

(@_@)(Onie Daulat)

“kabeh asli Arab Jeck…Arapatio genah lan arapatio waras dadi ya harus maklum” kata Lek KArman (Sitie Zumaroh)

“Gak konseeen! Lagi di Malioboro, neeh. Milih oleh-oleeeh!” *bikin sirik Onie Daulat* πŸ™‚ (Elly Lubis)

“Ooooo, ngono taaa?” (Abrar Rifai)

mlayu mlayu KAng Paoji niliki BBne sing pank pink pank pink, jebul ono kabar mba Elly Lubis lagi copink ning malaioboro… (Qurrota Ayun)

“Iya kang Abrar Rifai pada ra pati nggenah kabeh….mosok anak ku sing neng pondok an mati terbakar kok malah kabeh podo guyonan kabeh”, sahut KArman. Kali ini dengan nada tinggi. Matanya merah dan dengan serta merta di banting meja bambu yang ada di depannya. Tangisnya kembali tertumpah. Kali ini dengan tubuh gemetar. Di raihnya golok yang terselip di dinding bambu. Sambil mengobat abitkan (boso indonesane opo yo) goloknya dia teriak-teriak kesetanan (Edris Ernawan)

“osno ospo iski…? mba Ema Ied Fitriyah nganti ndrodog ngewel nyawang mripate Kang Karman…(Qurrota Ayun)

Kang Paijo yang sejak tadi cengengesan ikut ngewel juga (Edris Ernawan)

mba Sitie Zumaroh nganti ndeprok ning pojokan…*mugomugo ra kepuyoh ;P (Qurrota Ayun)

Melanjutkan ceritanya Mas Edris : Maafkan aku anakku…ibumu tambah satu. Lalu akupun menangis bahagia πŸ˜€ (Isparmo Seo)

Yu PArti merebut golok dari tangan suaminya, sambil mengarahkan golok kearah dadanya yang tidak seberapa besar itu Yu PArti menantang ” pilih aku ato dia..?” (Qurrota Ayun)

“Hiks lek karman kalap…nek kayak gini mendingan pulang kerumah saja..” (Sitie Zumaroh)

“Waduh… waduh…”Jeck melompat ke samping… bergidik ia melihat Yu Parti sudah memegang golok di tangan kanannya… tak pernah ia melihat Yu Parti seperti itu… apalagi tangan kirinya sudah menyincing kain jariknya agak tinggi… (Hazil Aulia)

“Assalaamu’alaikum… t.e.r.l.a.l.u…” Ustadz Keren Erryk Kusbandhono mendamaikan Jeck, Al-Mukarrom Hazil Aulia, Bu Nyai Sitie Zumaroh dan Syekh Abrar Rifai yang sedang beradu mulut…(Erryk Kusbandhono)

“lhoo… pak ustadz Erryk Kusbandhono…. oom Hazil iku ora melok-melok… dewe e agek nang jogja… iku Lek Paijo, Lek Karman, Yu Parti lan ce es ce es e…. πŸ˜€ (Hazil Aulia)

“Oowaaalaaah… Iya, iya… Bukune “The Big O” seng nongol ndek Jogja, nggeh Lek Hazil…>,< Sorry, sorry… Itu tuh, Lek Paijo kok mirip yo koyok Lek Hazil… Saudara sesusuan ya?…@_@” (Erryk Kusbandhono)

“kekekekeek…” kabeh noleh nang ust mas Erryk Kusbandhono…..*melongo terhermanherman (Qurrota Ayun)

“sepahaan…. πŸ˜€ ” (Hazil Aulia)

“Munggah sitik, senengane mas Akung Krisna :O” (Qurrota Ayun)

Jeck yang masih terkaget dengan Yu Parti yang tengah menggoloki dirinya, jadi bingung, mau tertawa atau tetap tegang melihat Yu Parti, saat ia mendengar dari luar rumah mbak Qurrota Ayun mengatakan munggah sitik…

“Apanya yang diunggahke yah.. ?”tanyanya dalam hati.. (Hazil Aulia)

yen munggah sitik yo jack milih tegang, gumam doktor biologis Hazil Aulia…….(Qurrota Ayun)

*penonton jadi tertawa meh kepuyuh kie…mbalarah ceritane (Sitie Zumaroh)

[di pojok rumah terlihat pedagang asongan yang menawarkan dagangannya…. “pispot…pispot…pispooooooott….” “pispotnya mbak Sitie Zumaroh… atau diapers yang untuk dewasa mbak…. murah kok mbak…. anti kerut anti bocoooor….] (Hazil Aulia)

Mendengar anti kerut anti bocor seketika Akung Krisna melongok ke luar jendela…. (Qurrota Ayun)

*walopun ndak ngerti keseluruhannya: tapi ngakaknya udah mpe dapur* πŸ˜€ πŸ˜€ (Onie Daulat)

 

****

Bersambung di sini

 

Gambar dari sini Β 

 

Tags: ,