2B (Sebuah Novel)

2B (Sebuah Novel)

Judul: 2B (Sebuah Novel)
Penulis: Maulida Azizah dan Ummu Rahayu
Desain Sampul: Muchtar Prawira
Penyunting: Tim Pustaka Hanan
Penerbit Digital: Pustaka Hanan
Tebal: 154 Halaman
Size: 1,6 MB (PDF)
E-Book ini adalah kerjasama Perpustakaan Online dengan komunitas menulis PNBB (Proyek Nulis Buku Bareng)

“Kita sudah sekolah selama tiga tahun. Itu pun tak mudah dan melelahkan. Haruskah kelulusan kita hanya ditentukan dalam lima hari?”

Eni yang berada di sampingku terlihat gelisah. Walau tak pernah kupandang dirinya, tapi aku merasakan akan ketidaknyamanannya saat itu. Kurasa dia sedang berpikir keras untuk menengahiku dan Bara, atau berpikir keras bagaimana membela Bara. Tapi lekas kukeluarkan kata-kata yang ingin sekali kumuntahkan kepada mereka.

“Harusnya selama tiga tahun kau sekolah, kau bisa menghadapi ujian nasional!”

Novel ini bercerita tentang ujian nasional. Bagaimana seorang Bita dan Bara menghadapi ujian nasional. Bagi Bita, jujur dalam ujian nasional adalah nomor satu, sebuah moral bangsa yang harus dipertahankan. Bagi Bara, apa pun harus dilakukan demi kelulusan. Masalah ini menyangkut soal masa depannya dan teman-temannya. Maka, Bara yang memang pandai dalam memimpin pun inisiatif untuk memimpin sebuah rapat besar dalam merencanakan strategi curang untuk lulus ujian nasional.

Ketika dua pikiran mulai berperang, Bita keras mempertahankan idealismenya dan berusaha meluruskan Bara. Namun kejujuran memang akan selalu diuji, kenyataan pun seolah mengancam, mempertanyakan lagi kekerasan hatinya, idealisme yang dipertahankannya. Semua itu dirasakannya saat angka 25 menghiasi nilai try out fisikanya.

“Koreksi dirimu! Tinggal satu minggu, Bit. Kamu yakin bisa meningkatkan angka 25 itu?”

Bagaimana selanjutnya perjuangan Bita dalam menghadapi ujian nasional? Berhasilkah ia lulus dengan idealismenya? Dan bagaimana pula kisah perjalanan Bara dan teman-temannya dengan strateginya?

Simak kisah mereka di dalam e-book novel 2B ini, yang ditulis oleh dua orang penulis luar biasa, Maulida Azizah dan Ummu Rahayu, dengan gaya yang mengalir dan renyah. Novel ini mewakili beberapa fenomena seputar ujian nasional di Indonesia. Selamat menikmati!

 

Tags: , ,