Tadi pagi di beranda facebook saya membaca status dengan statemen, “Andaikan semua hari” adalah tanggal satu, antara tertegun , lalu tersenyum sendiri dalam hati. Tertegun karena boleh jadi orang yang menulis kan status tersebut adalh karyawan yang hari ini, akan menerima amplop gajian, rutinitasyang selalu ditunggu memang oleh parapemilik kantong yang sedang bokek, he he. Tersenyum, kalau semua hari adalah tanggal satu, apa jadinya kehidupan, akan monoton tentunya, dan pasti terasa hambar.

Sudah menjadi sunatullah alias hukum alam bahwa di dunia ini segala sesuatu diciptakan berpasang-pasangan, ada tanggal satu yang identik dengan tanggal muda ada juga tanggal tua, yang sebutan angkanya tiap orang berbeda, bagi karyawan, yang gajinya besar melebihi jumlah nominal pengeluaran nya tiap bulan tanggal tuanya boleh jadi tidak punya istilah tanggal tua, karena rekening tabungan di bank selalu siap di tarik tunai kapanpun lewat mesin ATM. Namun bagi karyawan yang gajinya cuma bisamencukupi sampai seminggu setelah tanggal satu gajian maka , boleh jadi tanggal tuanya adalah pekan pertama pada bulan tersebut. Jadi sifatnya relatif.

Perlu disadari pergantian siang dan malam, pertukaran hadirnya matahari dan rembulan, pergeseran tangagal satu , dua , tiga danseterusnya sampai akhir bulan, adalah warna warni kehidupan.Jangan berharap senyum sepanjang hari dan jangan menampik bila kegundahan dan tangisan harus hadir. Karena dari situlah kira mereguk manisnya kehidupan setelah pernah merasakan pahit yang tak tertera.

Chemistry kehidupan ada dalam pergantian waktu, Bila semua hari esok bisa ditebak akan seperti apa , maka lenyaplah ikhtiar. Yang kita bisa perbuatadalah menemukan sebanyak mungkin HARAPAN di setiap kita terbangun di pagi hari, lalu bangkit menyambut hari dengan OPTIMISME, selanjutnya memupuk hari-hari dengan sikap KONSISTEN, lautpun kan kudaki, gunung kan kuseberangi begitulah motto orang yang akan meraih harapan, dimanapun harapan itu berada, harapan adalah cita-cita termahal kita, bisa jadi ingin menjadi bisnisman yang sukses, atau ingin meraih jabatan tertinggi di perusahaan tmpat kita bekerja.

Namun harus diingat , jalan tak selamanya mulus , oleh karena itu diperlukan lagi sebuah INTEGRITAS tinggi. INTEGRITAS berarti berani belajar dari kesalahan pada hari sebelumnya, setiap kesulitan dipandanG sebagai peluang untuk berbuat, dan harus punya sikap dalam kebimbangan ketika menghadapi suatu dilema, tak pernah menyalahkan diri sendiri maupun oranglain, tidak minder ketika berhadapan dengan orang sukses, lebih memilih banyak berbuat daripadabanyak bicara, menhormati orang yang lebih senior karena dianggapnya lebih berpengalaman, menghargai orangyanglebih muda karena mereka lebih energik dan penuh inspirasi. Dan Bagi orang yang telah memiliki INTEGRITAS, akan selalu mengucapkan selamat kepada orang yanglebih sukses darinya dan akan memberikan semangat kepada mereka yang mengalami kegagalan.

Kalau dalam diri kita sudah ada HARAPAN, OPTIMISME, SIKAP KONSISTEN dan INTEGRITAS, maka kita tak akan peduli tanggal berapapun hari ini.

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,