Oleh Afiani Intan Rejeki Gobel

Kalau kita mau ngaku sibuk. Semua orang bisa aja ngaku sibuk. Pengangguran pun berhak bilang, kalau dia sedang sibuk. “Sibuk tidur, sibuk nongkrong, sibuk ngobrol”. Toh sibuk juga namanya. Hehee..

 

Satu-satunya yang membuat saya bisa tidak menulis, ya ‘si sibuk’ itu. Kalau saya bos, paling juga sibuk mikirin gaji, toh masih bisa menemukan laptop atau ada saja sempatnya untuk menulis. Kalau saya seorang pedagang atau pengusaha, mungkin saja saya akan punya banyak sekali kesempatan untuk menulis. Kenyataannya, saya memang bukan keduanya. Saya seorang guru. Yang katanya jam kerja seorang guru adalah 24 jam. Seperti hal-nya seorang ibu yang tiada lelah dengan semua agenda padatnya.

 

Pagi saya mesti mengajar, hingga jam 12. Yang saya lakukan ya MENULIS. Menulis perkembangan anak didik saya selama sedang bermain, makan, berbicara dengan teman-temannya yang lain. Banyak sekali yang bisa saya tulis.

 

Berakhir jam 12. Saya kembali MENULIS. Saya coba menceritakan pengalaman setiap hari di kelas saya. Evaluasi, mencatat hal-hal penting yang mungkin saja tadinya terlewat untuk ditulis. Ini menjadi sebuah asset sejarah saya yang paling saya sukai. Di mana bisa menemukan momen-momen mengembangnya sayap-sayap kecerdasan teman-teman kecil saya di sekolah. Yang sebagian besar di antara tulisan-tulisan itu memang tidak di publikasikan, sebelum di akhir tahun nanti akan dipilah untuk menjadi bagian dari buku tahunan yang akan dibagikan kepada teman-teman kecil yang akan melanjutkan ke SD nantinya. Isi buku itu, ya tulisan-tulisan tentang ‘keistimewaan’ dan momen-momen indah  selama di sekolah, foto diri, foto kegiatan dan lain-lain.

 

Setelah usai dengan aktifitas ishoma, saya mesti memberikan les.  Sejak saya kuliah, buaaaanyyyaaaaakk hal yang perlu dibiayai. Pun sudah nambahin ‘kesibukan’ cari duit di sana-sini, masih juga mamak dan bapak sibuk nambalin yang kurang-kurang. Usai les itulah, saya akan kembali MENULIS. Menulis tugas-tugas kuliah. Sekarang sudah sampai ke tugas akhir. Menyusun BAB IV dan BAB V yang jelas-jelas masih berupa garis besarnya. Belum di teliti bener-bener, karena agenda-agenda di sekolah yang nambahin padatnya kesibukan.

 

Lalu, kuliahlah saya. Mencatat yang terdengar dan terlihat. Entah melihat dan mendengar dosen atau hanya ngobrol dengan teman dan menikmati jam-jam kosong. Pulang ke rumah, saya MENULIS-kan apa yang tadi saya alami di kampus.

 

Kalau saya lagi ga kuliah, seperti sebulan belakangan, saya langsung melanjutkan ke MENULIS yang berikutnya. MENULIS apa yang besok bisa saya lakukan di kelas. Hal baru apa yang dapat saya hadirkan ke dalam pembelajaran. Gimana caranya supaya belajar bisa jadi menyenangkan dan mengasikkan. Sesekali saya bisa MENULIS lagu ketika memasuki ‘tema pembelajaran’ tertentu. Alhamdulillaah, di waktu-waktu seperti ini, saya bisa mendapat banyak ‘ilham’ bagaimana menyajikan ‘belajar yang asik’ buat teman-teman kecil saya. Tulisan-tulisan ini sedang dicicil untuk diposting di web pribadi saya dengan label “Kelas Inspirasi”. Kenapa dicicil, bukannya dicopas langsung? *belum sempat diedit* 😀

 

Saat sang kantuk mulai menyerang.. Saya akan mulai MENULIS lagi. Puisi adalah produk kantuk yang paling banyak. ^____^ Kemudian sebagian lainnya adalah muhasabah.. menghitung diri.

 

Ditulis semua?? Ya iya laaah. 🙂

 

Di sela-sela aktifitas di atas. Sewaktu saya, benar-benar sibuk di dunia nyata. Saya akan MENULIS status. Hehe.  Jika saya sedikit luang di dunia nyata. Maka saya akan MENULIS komentar di status dan catatan teman-teman saya atau sesekali menyambangi GRUP-GRUP saya yang mulai ‘menyepi’. 🙂

 

Tapi, saya MENULIS toh..? 😀

 

Saya memang Ratunya alasan kok. Tapi, saya jelas ga bisa ninggalin MENULIS begitu saja. Hidup saya saat ini adalah MENULIS. Cita-cita saya saat ini adalah MENULIS. Tujuan saya saat ini adalah MENULIS. Dengan atau tanpa PR dari kepsek PNBB (Proyek Nulis Buku Bareng) pun, saya akan terus dan tetap menulis. Sepanjang apapun nantinya alasan yang saya akan ucapkan, saya tetap MENULIS.

 

Saya SIBUK, tapi saya MENULIS.

 

Ini tulisan saya.. mana tulisan kamu..? 😛

 

*Memanfaatkan libur sehari dengan menumpahkan isi hari* ^_______^

 

Tags: , , , , , , , ,