Oleh : Mamane Kirana

 

Anak-anak adalah makhluk yang polos, jujur, spontan, selalu ingin tahu, semangat dan energik.

Sejak ia mulai pandai bicara hampir semua yang dilihat, didengar, dirasakan ditanyakannya. Memang kesabaran orang tua teruji disini. Saya pernah berjanji menulis tentang bagaimana anak menyukai sekolah kepada Mb Qurota Ayyun, nah kini saya akan penuhi janji tsb tapi hanya sebatas pengetahuan dan pengalaman pribadi saya sendiri yang tak seberapa. Bisa jadi pengalaman kita sama atau mungkin berbeda sama sekali, tak mengapa ya. Kalau ada masukan dari teman-teman monggo ditambahkan.

Sejak usia belum sekolah, saya sering mengajak anak saya pergi, baik bertamu, belanja, ke Masjid, berenang kemana saja deh, pokoknya saya ajak. Maksud saya agar tak celingus dan pemalu.

Lalu Ketika usia hendak play grup sebelumnya saya sering bercerita bahwa di sekolah Play grup itu mengasyikkan, banyak teman, banyak dongeng, menyanyi, bikin gambar, mewarnai pokoknya disana banyak yang asyik-asyk deh. Ber ulang-ulang ngomongnya dengan ekpresi wajah yang gembira, Lalu sebelumnya saya ajak dia lihat-lihat sekolah yang bakal dia pilih dari beberapa tempat yang sudah saya seleksi lebih dahulu sebelumnya dan saya kenalkan dengan gurunya.

Hal tsb diatas saya lakukan berulang-ulang, sehingga anak seakan-akan memutuskan sendiri dimana ia bakal sekolah.

Kemudian saya sering menggosipkan anak dengan agak keras yang kira-kira anak dengar tentang hal-hal hebat yang ia lakukan. Misal ketika ia mau berbagi, suka berlatih mewarnai, mau mandi sendiri, menolong mama, dlsbgnya, langsung saya puji dan gosipkan dengan nada bersyukur dan gembira dengan jarak yang ia dengar dengan pura-pura tak tahu anak ada di situ.

Kadang untuk menggosip hal-hal baik saya kompakan atau kong kalikong dengan mas-masnya, pembantu, papanya, bahkan sama tukang kebun. Ketika saya memergoki kebaikannya langsung saya kasih reward, dengan kata-kata dan pelukan yang sedikit agak saya tekan dan membelai-belai punggungnya dengan nada bangga dan gembira.

Ketika seminggu sbelum masuk TK, saya sudah berkata berulang-ulang, bahwa Kirana adalah anak yang berani, wataknya persis mama(saya bilang demikian karena ia amat dekat dengan saya, dan dia bangga kalau bisa seperti saya), lalu saya katakan dia adalah anak yang santun, ramah, suka menolong, lembut hati , rajin belajar, selalu menyimak guru, focus disekolah, berulang-ulang, dan suka berlatih sendiri tanpa minta tolong (saya lihat hidungnya kembang kempis kesenangan). Saya juga mengatakan kepadanya Kirana anak yang cerdas, mudah mengingat dan tidak sombong, lalu gantian saya minta papa, mas-masnya, pembantu,teman, guru mengaji ngomong yang intinya persisi seperti yang saya katakan diatas,dengan beda versi. Kelihatan Kirana sangat bahagia dengan pengakuan tsb.

Intinya, saya perbanyak pelukan, sentuhan, tatapan, pujian ketika kita menangkap kebaikannya, di bombong (di naik-naikkan), gosip baik, tidak mengkritik, jika salah langsung kita beri tahu yang baiknya lalu tidak diungkit-ungkit salahnya, seakan tak pernah terjadi, mendongeng/bercerita sebelum tidur, Cerita sebelum tidur sangat efektif sekali. Menjawab semua pertanyaannya dengan sabar. Berduaan pun sungguh asyik, kadang-kadang kami jalan aneh bersama hahaha.Alhamdulillah sekarang Kirana sudah kelas I SD, populer di sekolah, banyak teman suka berbagi dan berhati lembut nilai ulangan harian dan rapornya di dominasi angka 10 dan betul-betul jadi gosip disekolah diantara para guru dan wali murid, padahal di rumah tak pernah belajar, baca komik doraemon atau buku-buku yang saya belikan khusus untuk anak. (yang sudah saya seleksi terlebih dahulu tentunya). Juga dalam menghafal surat-surat dalam al Qur’an saya tak lagi membantu.

Sharing diatas tidak ada maksud lain selain berbagi untuk para ortu yang masih punya balita, khusunya janji saya sudah tertunaikan kepada mbb Qurota Ayyun. Semoga bermanfaat. Mohon maaf bila tak berkenan.

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,