Oleh Heri Mulyo Cahyo 

Alhamdulillah, untuk memposting tulisan ini, sengaja saya menunggu hasil “munas kecil” di Jogja yang dihadiri beberapa delegasi PNBB dari Malang, Jogja, Jakarta, Sumatera dan Jawa Tengah. Ada beberapa keputusan yang insyaAllah membuat PNBB semakin baik ke depannya.

Personal Branding

Personal Branding

Satu di antara keputusan tersebut bahwa PNBB – di bawah naungan lembaga yang menerbitkan buku Masa Kecil yang Tak Terlupa – insyaAllah akan menjadi “semacam penerbit sendiri” – yang seluruh hasil karya PNBB ke depannya akan memakai “bendera” PNBB dan ber-ISBN yang terdaftar atas nama PNBB. Alhamdulillah juga, setelah dari Jogja, kita sudah menemukan percetakan calon mitra kerja PNBB – meski bisa saja ke depan kita akan mencari percetakan lain yang lebih kompetitif.

Seiring dengan posisinya sebagai penerbit bagi karya-karya anggotanya, tentu saja akhirnya secara institusi PNBB harus berpikir tentang bagaimana agar buku-buku yang dicetak itu laku sehingga perputaran modal tidak mandeg di satu proyek saja, tetapi terus berkesinambungan sehingga impian untuk MEMBERIKAN BUKU GRATIS BAGI PENULIS naskah buku yang dicetak menjadi nyata, insyaAllah.

Berdasarkan pemikiran itu, mau tidak mau kita harus berpikir tentang pangsa pasar bagi produk-produk kita (PNBB). Oleh karenanya, satu cara yang sedang kita tempuh adalah melakukan BRANDING PNBB dan penulisnya kepada khalayak sebanyak mungkin.

Untuk pertama kali, memang dunia literasi online-lah yang akan kita “serbu” dengan branding PNBB – dengan memanfaatkan situs jejaring sosial media dan menjalin mitra kerja online yang mempunyai visi dan tujuan yang sejenis atau saling menguntungkan kedua belah pihak.

Sedikit penjelasan mengapa dunia online yang menjadi sasaran utama kita, karena sebagaimana data-data yang bisa kita akses, pertumbuhan pemakai internet di Indonesia mengalami lonjakan yang signifikan. Sebut saja kabar terakhir pemakai Facebook di Indonesia adalah sebanyak 40 juta, dan pada 2015 diperkirakan pemakai Facebook dari Indonesia sekitar 100 juta. Yang menarik lagi bahwa pengguna Facebook adalah mereka yang secara pendidikan tergolong menengah ke atas. Lihat saja anak SD pun sudah kenal FB.

Di otak pelaku pemasaran internet, tentu itu peluang yang sangat menjanjikan untuk “berjualan”. Katakan dari 40 juta itu kita bisa menggaet “crazy customer” (meminjam istilah juragan Siomay Onlen Om Akung Krisna), sebanyak 0,25 persen saja untuk menjadi pembeli tetap produk PNBB sudah 200.000 (DUA RATUS RIBU) orang hmmm, angka yang fantastis bukan? Jadi kalau cuma cetak buku 1000 eksemplar, dengan potensi pasar sebegitu, insyaAlah sudah tutup modal deh hehehehe.

Akan tetapi, semangat untuk jualan itu tentu HARUS didukung dengan SEMANGAT MENINGKATKAN KARYA…

Ya, kalau karya kita ecek-ecek dan tidak layak baca, ya sama saja. Pemasaran yang gencar dengan produk yang rendah hanya akan menjadi bumerang bagi keberlangsungan proyek-proyek kita ke depan.

Meski demikian, ketika kita masih belajar, BRANDING harus sudah kita lakukan. Tujuannya adalah untuk berlatih meningkatkan karya kita dan melakukan tes pasar untuk mengetahui seberapa baik penerimaan orang atas karya kita!

Caranya bagaimana, Pakde?

Di awal 2012, saya sudah menghubungi seorang pengelola “perpustakaan online” yang juga anggota PNBB – mbak Evyta Andriani.  Sahabat kita satu ini mengelola sebuah situs yang pengunjungnya boleh mengunduh koleksi buku-buku digital (e-book) yang ada di sana, nama situsnya adalah www.pustaka-ebook.com – dan dari hasil “negosiasi” saya dengannya, pustaka ebook akan menjadi partner kita dalam menyebarkan karya-karya anggota PNBB.

Sedikit alasan mengapa saya memilih situs tersebut sebagai partner dalam branding PNBB adalah, karena situs tersebut memiliki “penggemar” di Facebook sebanyak 30 RIBU orang lebih,  (bisa dilihat dari fans page FB yang dipasang di sana). Namun yang paling menjanjikan untuk melakukan Branding adalah pelanggan Newsletter (RSS FEED) dari situs tersebut sebanyak 4.000 (EMPAT RIBU) orang lebih.

Apa arti angka-angka tersebut bagi branding kita?

Artinya, setiap kali ada sebuah posting artikel yang ada di situs tersebut langsung akan dikirimkan ke 4000 email pelanggan situs tersebut.

Bayangkan kalau misalnya sebuah buku produk PNBB di review di sana maka akan langsung masuk ke email 4000 orang tadi. Kalau dari 4000 orang tadi yang membaca separuhnya saja sudah 2000 orang, kalau dari separuh yang membaca saja tertarik mengunduh berarti sudah ada 1000 orang, kalau ada 5 persen saja dari pengunduh itu yang pengen beli buku, berarti SUDAH ADA 50 orang yang akan BELI BUKU.

Makanya insyaALLAH ke depannya setiap buku PNBB nantinya akan di review di situs tersebut dan akan disediakan beberapa halaman “preview” dari buku yang sudah dicetak dengan tujuan calon pembeli bisa melihat-lihat isi buku yang akan dibeli.

Tentang mekanismenya bagaimana?

InsyaAllah saya lanjutkan di catatan berikutnya.

Selamat mengikuti.

*********

Catatan:

 

Untuk Versi e-book dari Tulisan Personal Branding: Cara Ngetop Buat Penulis Pemula.  Silahkan unduh di Pustaka Ebook – tautannya di sini 

Gambar diambil dari sini

 

Tags: , , , ,