Oleh: Risma Purnama

Komunitas artinya kumpulan sosial orang orang yang mempunyai minat dan ketertarikan yang sama pada satu bidang dari berbagai macam organisasi maupun kalangan masyarakat. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa (Wikipedia).Anda bisa disebut komunitas pecinta lingkungan jika Anda bergabung dengan orang orang yang memiliki kecintaan yang sama terhadap lingkungan. Misi dan Visi Anda juga sama. Sama halnya jika Anda berada di dalam komunitas dan pembelajar menulis, pasti yang anda kerjakan juga hal yang sama. Pandangan anda akan dunia menulis juga sama, termasuk minat dan ketertarikan Anda dalam hal tulis menulis. Tanpa melihat asal usul dan strata sosial Anda. Komunitas akan membuat Anda sama pada tujuan yang sama.

Jika anda punya minat menulis sebaiknya memang Anda harus masuk dalam satu komunitas penulis. Tujuannya tentu saja untuk satu pembelajaran, saling mendukung, saling mendorong dan saling membangun. Komunitas yang baik adalah komunitas di mana para anggotanya saling perduli, saling berbagi, saling memotivasi dan menginspirasi, tidak ada persaingan untuk menjatuhkan. Biasanya ikatan antara anggota komunitas ini saling kuat, karena saling mendukung dan saling membutuhkan. Komunitas juga tempat yang baik untuk mengembangkan bakat, tempat belajar dan tempat saling bertukar pikiran.

Saat ini saya berada dalam dua komunitas yang saya jalani dan praktekkan,komunitas Peduli Bumi dan Proyek Nulis Buku Bareng. Jika kita sudah memutuskan berada dalam satu komunitas, maka hal yang penting kita lakukan adalah, mengikuti rule yang berlaku, mengejarkan tugas tugas yang harus kita kerjakan, misalnya menulis untuk PNBB, mengikuti perkembangan komunitas kita, berinteraksi dengan sesama anggota komunitas, saling mengenal lebih dekat, lebih baik lagi jika bisa kopi darat, hehehehe. Menjaga nama baik komunitas kita itu juga perlu, karena komunitas ini biasanya mempengaruhi lingkungan sekitar, apakah efeknya positif ataukah negatif. Pastikan Anda tidak berada di dalam komunitas yang salah, tapi komunitas yang membangun dan memotivasi Anda. Jika Anda pecinta dunia tulisan berkomunitaslah dengan sesama pecinta tulisan, supaya Anda bisa belajar lebih baik. Juga, cintailah komunitas Anda supaya tidak muncul kejenuhan pada saat Anda mengerjakan bagian atau tugas yang yang harus Anda kerjakan. Selamat berkomunitas, semoga dapat pembelajaran.Terimakasih.

Salam PNBB, yuk berkomunitas di sini!