Oleh: Rahma Damayanty Rivai

 Kau memerlukan sarang yang membuatmu merasa nyaman.  Kau ingin senantiasa dipeluk dan disapa dengan mesra.  Kau mengulurkan tangan dan menyediakan bahu pada yang membutuhkan pertolongan.  Kau motivasi sesiapa yang sedang gundah.

Sebelumnya, kau tidak mengenal siapa saudara-saudaramu di dalam sarang ini.  Kau masuk dengan hati bersih.  Mereka pun menerimamu dengan jabat erat dan pelukan hangat.  Kau merasa lapar, mereka menyodorimu secangkir kopi dan sepiring pisang goreng.  Kau bilang, kau ingin teh manis hangat. Mereka tersenyum manis dan mengganti kopimu dengan segelas teh manis hangat itu.

Di sarang itu, kau tertantang untuk memberi sebanyak engkau menerima.  Bahkan, kau seperti kecanduan untuk memberi lebih banyak lagi.  Memberi dan berbagi tiba-tiba menjadi jalan hidupmu.

 

Ketika sarang itu rusak atau terkoyak, kau menyulamnya bersama-sama saudara-saudaramu itu.  Kadang-kadang saudaramu nakal, bercanda keterlaluan, maka seisi sarang mengingatkan dengan cahaya cinta.

 

Sarang itu terbangun dari kata-kata.  Saudara-saudaramu itu adalah para penulis seperti dirimu.  Kau seolah-olah menemukan ruang dan kebebasan di sarang yang sebenarnya tak terlalu luas itu.  Karena menulis, kau menjadi nyaman di sarang itu.  Semua orang di sarang tak melecehkan tulisan-tulisanmu.  Justru sarang itu semakin kuat karena sulaman kata-kata.

 

Ketika sarang dan anggota semakin menguat, kau tiba-tiba mampu menpengaruhi dunia dengan kata-kata.  Semua anggota sarang menjadi inspirasi bagi lingkungannya.  Semua berusaha menyebar kebaikan.  Hidup menjadi memberi manfaat bagi orang lain.

 

Dengan kata-kata, akhirnya kau mampu meraih dunia.  Selalu ada kopi Cappucino dan coklat rasa strawberry.  Kau menjadi mampu membelikan pakaian hangat yang lembut untuk kawan-kawan.  Mungkin, kau menjadi berkesempatan melihat New Caledonia, setelah berbelanja ke Jepang dan Korea Selatan.

Kau mungkin mampu ke Norwegia atau Finlandia.  Kau mungkin membuat ukiran indah di punggung tangan di negeri India.  Mungkin, kau sudah tiba di Australia.

 

Sarang itu bernama: Komunitas Penulis.

 

Hatchery of words, December 3, 2011