Antologi Jamaah Fesbukiyah: Masa Kecil Yang Tak Terlupa

 

Ilustrasi

Setiap orang pasti memiliki kenangan-kenangan pada masa kecilnya. Tentunya ada kenangan indah yang membahagiakan serta menyenangkan, juga ada kenangan yang mengharukan atau bahkan yang mengerikan. Begitu pula dengan kumpulan kisah nyata yang terdapat dalam buku ini merupakan cerita unik dari para penulisnya.

Buku ini adalah kompilasi dari 56 penulis dengan 56 judul tulisannya. Adapun latar belakang penulisnya, adalah pelajar sampai pensiunan, ada dosen sampai pengusaha, Tenaga Kerja Indonesia yang bermukim di timur tengah dan ada juga ustadz dari pesantren salaf dan sebuah perguruan tinggi islam terkemuka di Indonesia. Para penulis tersebut juga terdiri dari berbagai suku yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dengan membaca kisah yang mereka tulis kita akan juga belajar budaya suatu tempat atau suku yang mungkin tidak belum pernah kita ketahui sebelumnya. Pembaca juga akan menemukan beragam kisah dengan gaya penulisan yang unik mewakili penulisnya, selain itu pembaca juga akan diajak merasakan kegembiraan, kesedihan, semangat, harapan, dan kelucuan, saat membaca buku ini.

Ada pepatah lama yang mengatakan, ‘Pengalaman adalah guru terbaik’ – yang kurang lebih mengindikasikan kepada kita bahwa masa lalu kita dan juga orang lain adalah tempat belajar dan bercermin agar kehidupan kita yang akan datang bisa menjadi baik atau bahkan lebih baik. Kumpulan kisah pendek dalam buku ini juga bisa dijadikan cermin kehidupan kita saat ini, sehingga layak dimiliki dan dibaca oleh segala lapisan usia. Anak-anak kita saat ini mungkin tidak mengenal lagi permainan-permainan tradisional yang mengasyikkan seperti yang diceritakan di salah satu kisah, atau bagi pembaca remaja bisa memetik semangat cerita dari seorang penulisnya yang kini telah menjadi seorang pengajar di salah satu perguruan tinggi islam negeri di salah satu kota di Jawa Timur dengan perjuangannya memelihara beberapa ekor ayam untuk membiayai sekolah demi menggapai cita-citanya. Bagi para orang tua, mungkin ada beberapa cerita yang bisa dinikmati sebagai kenangan masa lalunya yang hampir sama dengan yang dirasakannya dahulu.

Keunikan lain dari buku ini adalah ditulis oleh mereka yang aktif menjalin pertemanan di jejaring sosial di dunia maya yang bernama facebook. Dari intensitas interaksi mereka juga maka tercetuslah sebuah ide untuk saling menyemangati atau dalam bahasa mereka ”mengompori” untuk selalu belajar menulis dan berani menrebitkan dan membagi tulisan mereka kepada orang lain. Untuk menampung keinginan bersama tersebut maka dibuat sebuah wadah berupa kelas virtual berupa Grup yang ada di Facebook yang mereka namakan PNBB – Proyek Nulis Buku Bareng, dalam grup tersebut dibuat jadwal-jadwal pelajaran sebagaimana ketika kita bersekolah dahulu, ada pelajaran untuk puisi, cerpen, bahasa inggris, bahasa jepang, rusia dan arab, pelajaran bisnis online, psikologi dan terapi kejiwaan, komputer dan juga kuliner. Adapun pelajar dan gurunya adalah bergantian diantara para anggota grup tersebut. Tentu saja penyampaian materi pelajarannya harus dalam bentuk tulisan, dengan cara itu ada dua manfaat sekaligus yang bisa dicapai: belajar menulis dan berbagi ilmu, begitulah yang ada dilakukan grup tersebut sehingga tidak heran jika setiap hari dari pagi hingga malam aktivitas dalam grup tersebut cukup padat – karena setiap guru dan siswa datang sesuai dengan kelonggaran waktu mereka di dunia nyata.

Sedangkan buku ini adalah satu diantara bukti dari keseriusan mereka dalam belajar belajar menulis, dimana harapannya adalah tulisan-tulisan mereka tidak hanya dinikmati oleh mereka yang ada di dunia maya, tetapi juga mereka yang tidak tahu dan tidak akrab dengan dunia virtual tersebut. Yang juga cukup membanggakan – para penulis yang tergabung dalam buku dan grup tersebut punya komitmen yang sama – bahwa mereka tidak hanya belajar menulis tetapi belajar menjual buku itu kepada orang lain, sehingga tidak heran jika sebelum buku ini dicetak ”sudah laku” 300 eksemplar hanya dengan bermodalkan gambar sampul dari buku ini.

Nah, tunggu apalagi untuk menikmati buku hasil kerja bareng mereka yang menamakan diri Jamaah Fesbukiyah al PNBB!

Judul Buku : Masa Kecil Yang Tak Terlupa

Jumlah Halaman : 350 halaman

Pengganti Ongkos Cetak : Rp. 65,000

Terbit : November 2011

Penerbit: Insaf Media Group

ISBN: 987-6020987773-9

Sistem Pemasaran : Pesan melalui FB.

Catatan : Buku ini diterbitkan tidak bertujuan komersial.