bad mood

bad mood

Menarik sekali postingan dari sahabat kita Ustadz Erryk Kusbandhono pagi ini yang berjudul  “Bagaimana Cara Melupakannya”  – bisa dilihat di sini http://on.fb.me/MtVH6o  – tentang bagaimana cara melupakan masa lalu yang negatif.

Memang  masa lalu yang negatif bisa menjadi penghambat bagi kemajuan atau bahkan perkembangan pribadi seseorang. Masa lalu negatif bisa juga berupa trauma dengan berbagai macam levelnya, bahkan bisa menjadi phobia.  Tentu bagi sebagian orang hal ini sangat mengganggu bahkan membuat hidupnya tidak bahagia, ibarat hand brake pada mobil, emosi negatif ini sangat mencekeram kuat padahal di saat yang sama dia ingin segera melaju. Namun ada juga orang yang tidak ingin berubah dan justru “menikmati penderitaannya” – menikmati ketidak berdaayaannya dan segala pengahambat itu, karena dalam kondisi seperti itu dia merasa nyaman, merasa diperhatikan.

Nah bagi Anda yang ingin menghilangkan emosi negatif dari pengalaman masa lalu Anda bisa menggunakan teknik tapping (totokan) yang ada pada SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique).  Teknik  menghilangkan emosi negatif ini dalam pelatihan (buku) SEFT  disebut Personal Peace Procedure (P3). P3 ini dilakukan dengan terlebih mengindentifikasi  50 Emosi negatif yang PALING MENGANGGU anda. Emosi negatif itu bisa berupa kekhawatiran atas masa depan, ketakukan , kecemasan, kesedihan, kemarahan, galau dan seterusnya. Bisa jadi 50 emosi tersebut berasal dari pengalaman masa lalu anda yang mungkin sudah berpuluh tahun, saat anda masih kecil atau bisa juga baru saja terjadi.  Contoh dari emosi negatif yang mengganggu adalah: rasa sedih atas kematian orang yang disayangi, rasa marah terhadap orang lain dan seterusnya.

Berikutnya adalah melakukan tahapan SEFT – bagi yang belum mengetahui anda bisa melihat postingan saya yang  lalu : “Tahapan SEFTing “ di http://bit.ly/N2uNZt – Beberapa saran sebelum Anda melakukan terapi SEFT ini ada baiknya anda : (1) menyiapkan tempat yang tenang dan nyaman (2) minum air putih secukupnya  – (3) Jika anda merasa masalahnya cukup berat maka anda bisa minta tolong orang lain untuk melakukan tapping.

Secara lebih rinci tahapannya sebagai berikut:

Set-Up:  Mengucapkan kalimat “niat” – usahakan emosi yang akan anda terapi adalah spesifik, marah, sedih, kecewa dan seterusnya.  Sedangkan kalimatnya setupnya bisa seperti ini:

Ya, Allah meskipun saya masih marah dengan si fulan, saya ikhlas  dan pasrah menerima perasaan ini dan saya serahkan ketenangan hatiku padaMu,

Tune-in :  setelah anda mengucapkan kalimat setup sesuai dengan emosi negatif yang akan anda hilangkan maka – selanjutnya Anda mencoba menghadirkan kembali perasaan marah tersebut. Hadirkan kejadian yang membuat marah tersebut, semakin jelas dalam benak anda semakin baik, buatlah rasa kemarahan itu dalam level 10 – 1 –  semakin tinggi anda merasakan level kemarahan anda semakin baik. Nah pada kondisi ini, jika memang anda yang tidak mampu melakukan sendiri  maka anda bisa minta bantuan orang lain melakukan tapping.

 

Tapping:  Jika anda sudah bisa tune-in silahkan lakukan tapping lengkap, mulai titik yang teratas (crown) sampai yang terakhir (karate chop) – setelah satu putaran lengkap anda bisa melakukan versi singkat atau pada bagian-bagian tertentu yang memang anda rasakan perlu ditapping.  Jangan lupa sambil tapping anda  mencoba untuk : ikhlas dan pasrah (diucapkan lebih baik).

Catatan:

  • Bisa jadi untuk menghilangkan emosi negatif tersebut perlu beberapa sesi, misalnya, pagi hari saat anda bangun tidur,  satu atau dua putaran tapping.  Siang hari anda lakukan lagi untuk menghilangkan emosi yang sama, malam hari sebelum tidur anda melakukan tapping lagi, masih fokus pada emosi yang sama.
  • Jika hal itu sudah anda lakukan beberapa kali, cobalah mengingat lagi dengan memakai ukruan level yang anda buat, sudah berkurang atau belum. Jika berkurang apakah sudah signifikan atau masih sedikit turunnya. Lakukan tapping lagi sampai benar-benar  “bersih”.
  • Emosi yang sudah “bersih” bukan berarti ingatan akan masalah tersebut HILANG, anda masih bisa mengingatnya tetapi ada sudah tidak merasakan emosi sama sekali terhadap hal tersebut, sudah tidak marah, atau sedih atau kecewa
  • Jika anda benar-benar INGIN Menghilangkan INGATAN tersebut maka anda bisa menggunakan tekkin yang ada di NLP – yaitu : SWISH Pattern Technique. – untuk yang ini silahkan Om Nur Muhammadian [http://facebook.com/nmdian ] memberitahukan caranya – Dengan teknik ini (SWISH) maka struktur memori akan rusak dan anda bisa jadi menghilangkan ingatan itu.
  • Teknik NLP lainnya bisa anda coba dari postingan di tautan ini : http://bit.ly/Mnc2wv
  • Kombinasi antara NLP dan SEFT sangat powerful. SEFT menghilangkan emosinya, dan NLP menghilangkan (merusak memorinya). Kalau NLP saja maka anda tidak ingat akan masalahnya tetapi “emosinya”  bisa jadi masih “gentayangan” –
  • Teknik menghilangkan emosi dengan SEFT ini, dianjurkan untuk dilakukan tiap hari sebelum tidur. Lakukan untuk setiap emosi yang anda alami hari itu, baik besar maupun kecil. Misalnya : anda dimarahin bos di kantor pada siang hari dan anda merasa kecewa, maka bisa dinetralisir sebelum tidur dengan tapping

 

Mudah-mudahan bermanfaat

 

PS: Bagi yang ingin tahu bagaimana Tapping dalam bentuk Video silahkan klik tautan berikut

http://www.youtube.com/results?search_query=how+to+tap+eft

 

 

 

Tags: , , , , ,