Oleh: Indah Andriani Bimandria

Ketika Pak Dhe (baca-Heri Cahyo) memanggil teman-teman untuk urun posting di website baru PNBB (http://proyeknulisbukubareng.com) saya tidak kaget sama sekali, karena teman-teman saya yang sudah bergabung di PNBB ini adalah orang-orang yang sudah banyak penglaman di bidang tulis menulis.

 Nah, yang jadi aneh adalah ketika Pak Dhe juga mention saya yang notabene baru saja menginjakkan “tangan” di dunia ini. jadi teman-teman, kalaupun saya sekarang ini memutuskan untuk ikut urun rembuk, itu bukan karena saya akan memberikan TIPS bagaimana cara menulis yang baik, tapi mungkin lebih tepatnya saya menulis ini untuk share pengalaman saya dan semoga dengan pengalaman saya yang sedang belajar menulis ini berguna dan memotivasi teman-teman yang senasib dengan saya 🙂

Ok langsung saja deh, Berdasarkan pengalaman saya belajar menulis ada beberapa hal yang selalu saya jadikan pegangan;

  1. Ketika ide datang,melintas di pikiran kita “TULISLAH SEGERA”. Saya selalu membawa catatan kecil saya kemanapun saya pergi untuk jaga-jaga jika saja di perjalanan saya beraktifitas nanti ada ide yang menyambangi otak saya, jadi alhasil kadang ketika saya rapat pun notes saya tidak berisi hasil rapat yang sedang di bahas, tetapi berisi coretan-coretan puisi dan ide-ide yang terlintas.
  2. Penulis profesional saja pernah mengalami “writers block,jalan buntu,kreatifitas buntu” , nah apalagi saya, kita yang masih belajar menulis ini. ketika hal itu ‘mendera” di tengah-tengah saya menulis, maka saya BERHENTI MENULIS, LAKUKAN AKTIFITAS LAIN,SIMPAN saja tulisan itu. ketika ada ide lain lagi, buka file baru dan menulis saja, ketika jalan buntu lagi, simpan lagi. biasanya saya akan membuka tulisan saya 2 minggu atau sampai 1 bulan kemudian, saya baca dari awal dan kemudian jika Allah bermurah hati saya pun melanjutkan tulisan saya itu :).
  3. Nah, yang terakhir ini saya dapatkan dari teman-teman PNBB, MENULIS ITU YA MENULIS SAJA ,JANGAN TAKUT dan SEMUA ORANG BISA MENULIS. kata-kata ini yang saya patri kuat-kuat di hati saya ketika semangat saya sedang down, ketika saya merasa tidak bisa menulis sama sekali.

Nah teman-teman, selamat membaca,semoga termotivasi dan AYO MENULIS!!!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,