oleh: Onie Daulat

 

Bagaimana mendapatkan ide menulis?”

Bagaimana menjawabnya kawan, jika kamu disodori pertanyaan seperti itu? Bingung? Sama, saya juga bingung. Apalagi katanya akan dipajang di website PNBB agar bisa berbagi dengan para anggota dan pengunjung website yang entah siapa saja. Wah, apalagi ini… Rasanya memberatkan pundak saya. Kenapa? Karena saya merasa begitu awan dengan dunia tulis menulis.

Saya tidak pernah ikut lomba yang berhubungan dengan tulis menulis.

Tulisan saya tidak pernah dimuat di majalah, koran dan lain sebagainya (gak pernah ngirim juga soalnya, hehe…).

Saya juga tidak pernah ikut pelatihan yang berhubungan dengan dunia tulis menulis. Haruskah?

Tapi…

Pernah nulis dong? Pernah.

Nulis surat cinta, nulis bait-bait patah hati, nulis surat ke Emak dan Bapak ketika jauh di perantauan, menumpahkan uneg-uneg diselembar kertas ketika ucapan-ucapan tidak bisa mewakili perasaan,menuliskan resep masakan dari percobaan iseng-iseng di dapur, setidaknya pernah bikin PR Bahasa Indonesia yang temanya: Liburan Sekolah?

Pernah…
Pernah…
Pernah!!!
(iya…iya…jangan sewot dong).

Ahaa… Ternyata ide menulis ada dimana-mana kawan. Apa yang kamu alami, rasakan, pikirkan, baca, lihat, dengar dimana pun, semua itu bisa dijadikan ide awal untuk sebuah tulisan. Intinya sekarang adalah kamu mau tidak menuliskannya? Jika tidak, segala macam ide itu percuma saja kawan, dijamin tidak akan pernah menjadi tulisan, hanya memberatkan memori di otak saja. Biasanya setelah dituliskan, perasaan akan jadi lebih lega lho :).

Di awal, tidak usah memikirkan bagaimana cara menulis yang baik, kata pepatah minang:

pasa jalan dek batampuah, lancar kaji dek baulang”
(hapal jalan karena sering ditempuh, lancar ngaji karena sering diulang).

Jadi mari kita menulis, menulis, menulis dan menulis! Insya Allah semakin sering semakin baik, tentu saja seiring waktu harus ada kemauan untuk meningkatkan pengetahuan dalam tulis menulis, (sssttt… sering-sering buka kamus besar Bahasa Indonesia ketika menemukan kata-kata yang sulit dmengerti).

Nah, bagi yang sama bingungnya dengan saya mungkin beberapa hal diatas bisa dicoba dan TULISKANLAH SEKARANG JUGA!!! Lalu, biarkan orang lain membacanya.

Semangat Belajar, Semangat Menulis!!

24 November 2011, Oniedb ^_^

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,