Oleh: Dewi Liez

Biasanya ide menulis saya dapatkan dari beberapa hal di bawah ini:

1. Krucil adalah singkatan (crew cilik). Dua anak balita yang selalu jadi sumber inspirasi dalam menulis. Berinteraksi dengan keduanya seringkali merupakan bagian dari pembelajaran untuk menjadi ibu. Tak jarang hal yang terjadi membuat diri ini speechless. Setiap moment selalu berharga untuk dilewatkan. Setiap moment ingin selalu diabadikan dalam tulisan.

2. Krude (crew gede) adalah teman sesama kuli, bos kecil maupun besar. Ada saja hal unik, lucu, sampai dengan moment yang amat sangat ngeselin pernah saya alami bersama krude. Nah, sayang dong jika terlewat begitu saja. Tak jarang tokoh dalam tulisan saya berganti nama demi menjaga reputasi mereka (halah nulis apa sih ini). Intinya, saya ingin berbagi apa yang saya alami saat berinteraksi dengan krude dengan pembaca setia catatan saya. (gee r banget ada yang baca). Dari keisengan menulis moment dengan seorang driver, Alhamdulillah tulisan saya lolos dalam antologi “karyawan gokil” (bukan iklan ya..)

3. Apa yang sedang saya rasakan, biasanya cukup membuat banyak ide berebut ingin segera ditulis. Kondisi sedih, marah, senang, kangen, bahkan saat saya sedang bête surete, adalah moment yang bagus untuk menulis. Biasanya tulisan bentuknya seperti catatan harian, atau curhat. Dulu pas kuliah saya punya buku curhat (diary) yang saya beri nama Jack. Jadi saat menulis, bukan mulai menulis dengan “dear diary” melainkan “dear jack”. Hehehe..berasa ngomong sama orang yang bernama Jack.

4. Moment unik sepanjang perjalanan. Misalnya saat berangkat ke kantor atau tugas ke luar kota dan sendiri. Biasanya saya lebih suka melihat-lihat sepanjang perjalanan, bukan membaca buku. Selain menghafal jalan untuk menghindari kemungkinan nyasar. Ada saja moment yang bisa ditulis. Mulai dari pengamen yang suaranya bagus, sampai dengan pencopet yang beraksi di depan mata. Semua bisa saya tuliskan dengan lancar, karena langsung mengalami dan melihat kejadian tersebut. Nah, segitu dulu ya sharingnya. Bagaimana cara saya mendapatkan ide untuk menulis. Umumnya sebatas tulisan non fiksi. Kejadian sehari-hari. Sebagian besar tulisan saya, ya.. mengenai krucil & krude. Kalau krucil, wajarlah.. anak sendiri. Siapa lagi yang mau menulis jika bukan emaknya. Nah kalau krude… ya wajar juga. Sehari-hari bertemu & berinteraksi dengan mereka. Belum mahir untuk menulis fiksi atau puisi. Pernah mencoba, hasilnya aneh dan agak dipaksakan endingnya. Butuh banyak latihan & tambahan ilmu dari para senior nih..