Oleh: Moenir Al Banny

Saat kita merasa berat dan buntu untuk menulis gampang sekali cara untuk mengatasinya, cukup buka profil facebook saya(www.facebook.com/mpunkheart) dan lihatlah foto-foto saya. Bagaikan ilham foto-foto saya akan memberikan pencerahan dan ketentraman hati untuk anda. Hehe, bercanda. Tapi boleh juga kalau mau di coba.

Serius-serius ini bukan web buat becanda-becandaan lo ya?

Dari saya pribadi yang hanya penulis amatir yang sukanya cuma corat-coret di kertas kosong terus ditelantarkan, sebenarnya hanya ada dua hambatan yang menurut saya begitu pokok dan sangat inti. Tapi dari satu hambatan ini bisa muncul hambatan-hambatan lain. hambatan pokok tersebut adalah:


1. Kurangnya sarana dan prasarana

Hal tersebut mulai saya temui terutama saat saya mulai serius di bidang tulis menulis. Saya yang dibesarkan dalm keluargayang serba pas-pasan sampai saat ini belum mampu untuk membeli komputer pribadi. Hal tersebut sangat mengganggu kelancaran saya dalam berkreasi.

Saya pun mulai mencari alternatif dengan pergi ke warnet atau mencari pinjaman komputer. Tapi dari alternatif yang saya gunakan ternyata muncul hambatan-hambatan lain, seperti; mau ke warnet gak punya waktu, mau ke warnet gak punya uang, mau pinjam punya teman eh,,, masih dipakai. Dan hal-hal lain yang mungkin saja bisa terjadi.

nah,,, untuk mengatasinya tidak lain tidak bukan adalah kita harus membeli komputer pribadi. kalu belum punya uang kak? ya nabung sama kayak saya ni masih usaha nabung ni.

2. Malas

Malas suatu penyakit yang belum ditemukan obatnya selain melalui terapi jangka panjang yang tidak bisa dilalui dengan malas.

Apa yang harus kita lakukan jika penyakit malas mulai menyerang kita?

Ambil HP lalu SMS orang-orang tersayang yang mampu memotivas kamu.atau buka facebook dan buka fanspage ataupun profil para juru TKM(tukang kompor menulis). Cari kata-kata yang bisa memotivasi kamu untuk menulis lagi dan lebih giat lagi.