Oleh: Azzurit hijau 125

Seorang teman pernah curhat : ingin menulis namun tak mempunyai ide, bagaimana cara mendapatkan idenya? Ide itu seperti jelangkung, yang datang tanpa diundang dan pergi sebelum diusir. Ide juga bisa datang di mana dan kapan saja. Lalu bagaiman jika idenya tak kunjung datang? Carilah. Karena ide banyak bertebaran, kitalah yang harus peka untuk menangkapnya.

Cara mendapatkan ide adalah dengan membaca. Apa sajakah yang harus di baca? Buku? Tidak. Banyak hal yang dapat kita baca. Antara lain :
1.Buku
Buku adalah jendela dunia, bacalah banyak buku jika ingin banyak tahu. Setelah banyak membaca, menulislah agar bisa berbagi. Bagaimana jika malas membaca? Perlu energy agar bisa menghasilkan usaha. Jika energy minus, tak baiklah hasil usahanya.

2. Diri sendiri
Diri kita sesungguhnya adalah sumber bacaan. Setiap hari kita akan merasakan banyak rasa, bacalah rasarasa itu dan tuliskanlah. Memendam rasa tak akan pernah barakibat baik, berbagilah. Namun jika tak mau membaginya dengan orang lain, bagilah dalam tulisan, walau hanya untuk diri sendiri.

3. Orang lain
Seperti halnya diri kita, di diri orang lain pun terdapat sumber bacaan. Bacalah bagaimana cara mereka melihat, memandang, merasa atau memikirkan. Dan kesemuanya sangat menarik untuk dituliskan. Tapi berhatihatilah dalam menuliskan tentang orang lain, jaganlah sampai membuka aibnya.

4. Interaksi
Interaksi antar sesama manusia, antara manusia dengan hewan, dengan tumbuhan, ataupun dengan alam, juga merupakan sumber bacaan. Bacalah dengan baik dan tuliskanlah.

5. Alam semesta
Alam semesta adalah sumber bacaan yang sangat banyak dan menarik. Pernah melihat indahnya larik pelangi? Sejuknya pepohonan hijau? Atau romantisnya senja? Kenapa tak coba untuk menuliskannya? semuanya menarik, bukan?

Terbukti, banyak hal yang bisa dibaca. Jadi, tentu banyak hal pula yang dapat ditulis. Bacalah dengan baik, perhatikanlah dengan seksama dan tuliskanlah dengan penuh cinta. Mungkin hal yang kita lihat bisa sama, tapi cara pandangnya pasti berbeda. Maka, menulis dan berbagilah cara pandangnya.

Ruang pelangi, 23 November 2011

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,