Oleh: Haris A Djauhari

rumus #1: TULIS APA YANG KAMU DIKERJAKAN, KERJAKAN APA YANG KAMU TULIS

 

Disebuah kelas yang riuh ramai para murid dengan berbagai kelakuannya ketika guru belum hadir. Ada yang ngejahilin temannya, ada beberapa murid cewek yang sedang asyik ngegosipin betapa gantengnya David Beckham, ada yang berusaha mengindonesiakan nama mantan pemain top Manchester United yang sekarang main bola di Amerika LA Galaxi.

“cocoknya sih namanya Daud Yusuf Bekam!”.

“yah ! itu sih emang nama benerannya cing!!” klo aku suka panggil dia pisang ambon, kan tendangan mautnya itu macem banana pisang kitu!!”.

Sedang disudut belakang sepasang siswa penggemar siomay berat berdebat sengit enak enakan siomay mana buat acara malming mereka.

“say, kita makan siomay nya bang Doel saja ya di perapatan pasar inpres, gue demen ma rasanya dan porsinya nendang banget!!”

“males lah cyn, gue pengin kita nongkrong saja dirumah sambil pesen siomay saja, denger denger ada siomay onlen yang lagi heboh tuh di FB! kata sohib gue sih rasanya ‘sesuatu bangets’ deh gitu…jadi penasaran pengin order juga..”

“hooeyyy… ada yang minat ikutan bike to school minggu depan gak ? gwe ada sepeda nganggur neh!!! si jambul maniac down hill berorasi di depan kelas.. “aku mau!” separoh kelaspun seperti koor paduan suara tanpa birama… ngaco banget!.

“ehem… ehem” terdengar suara berdehem sang Guru killer meredam gemuruh kelas yang berusan meledak….serentak hening mendengingkan telinga para siswa yang terkejut badan.

“sekarang keluarkan selembar kertas dan TULIS APA YANG BARU SAJA KALIAN LAKUKAN!” waktu nya lima belas menit!” tanpa ba-bu sang guru Bahasa memberi tugas.

———————————————————————————————————–

ilustrasi diatas adalah juga bentuk penerapan dari rumus 1, ketika dikepala sedang ada bergelayut keinginan memberi tips buat PNBB yang muncul adalah serangkaian imaji sederhana diatas. sekecil apapun kegiatan kita, berfikir, beraktifitas, usahakan untuk menulisnya semampunya. seperti melaporkan sebuah kejadian diri dan orang lain saja. semudah itu! kuncinya adalah : yang jelas bisa mengerti dan bisa menulis, jika tidak, minta bantuan sseorang menuliskannya.

dalam sebuah manajemen modern kegiatan menulis adalah salah satu syarat terpenuhinya standar internasional suatu perusahaan. sistim pelaporan semua kegiatan kerja dalam suatu industri misalnya diperlukan sebagai standarisasi atas produk yang dihasilkan. pencatatan pelaporan dan pengarsipan semua kegiatan yang terkait dengan proses produksi akan menjadi bahan audit terpenting guna peningkatan kualitas produksinya.

nah, diawalnya mungkin ada hambatan, lumrah dan wajar, tapi ini instruksi wajib dalam konteks dunia penulisan. masih ragu? sahabat Ali RA pernah berkata,”ikatlah ilmu dengan menulisnya”.

perintah sekaligus doktrin yang positif tentang betapa pentingnya tulisan.sepenting perintah “membaca” yang tertulis dalam literatur keagamaan.

jadi mulailah dengan “SATU KATA” dan temukanlah dengan “KATA YANG LAIN” ini akan menjadi rumus #2 dari tips menulis berikutnya…

Note: ditulis langsung tanpa edit di create doc. PNBB karena takut disuruh lari keliling sekolahan PNBB yang seluas bumi 🙂

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,