Oleh: M. Nawir

 

pancing

pancing

Ide

Sering kali kita mendengar kata itu disebut sebutkan , dimanapun , kapanpun , dan oleh siapapun . baik dari kalangan professional maupun yang masih pemula . dalam dunia tulis menulis ternyata ide itu sangat di cari cari . bahkan penulis berpengalaman pun akan kelabakan jika tidak mendapatkan ide itu . lalu , sebenarnya apa sih ide itu ? sampai sampai si ide ini merupakan salah satu problem utama dalam menulis . ide dalam kamus besar bahasa Indonesia mengandung arti rancangan yang tersusun di pikiran . jadi Selama kita masih berpikir , kita pasti dan bisa menemukan ide tersebut .

Ide merupakan peran vital dalam dunia menulis . dengan ide , penyair dapat membuat ribuan bait puisi . dengan ide , novelist mampu membuat ratusan halaman cerita . dan dengan ide pula cerpenist , artikelist , komentnist mampu menunjukkan karya karyanya . namun apa yang terjadi jika penulis tidak mendapatkan ide ??? maka penulis tersebut akan seperti anak ayam yang kehilangan induknya . tidak tahu harus kemana ? tidak tahu harus makan apa ? dan akhirnya mati .

Namun ternyata , ide itu dapat dipancing sodara sodara . . hehe . seperti ikan saja ya di pancing segala . eits . . maksudnya bukan seperti itu .

Allah SWT memang pencipta yang agung . Dia menciptakan organ tubuh manusia dengan sempurna dan memiliki perannya masing masing . ini merupakan karunia tuhan yang harus kita syukuri . dan salah satu cara untuk mensyukurinya adalah dengan digunakan untuk memancing ide menulis .

Lho kok ??? caranya ?

Misalnya seperti ini , Allah menganugrahkan mata yang indah kepada kita , dan dengan mata tersebutlah kita dapat melihat apapun . apapun yang kita lihat , entah itu benda kecil maupun benda besar jadikanlah sebuah judul . contohnya pas lagi asyik asyik di dapur tiba tiba melihat entong . dikasih judul “ ENTONG “ , trus apa yang bisa kita critain dari entong tersebut ??  mau di kisahin yang lucu , sad mode , romantic , atau bahkan yang malu maluin . nah kan ? maka si ide akan muncul dengan sendirinya .

Trus ada lagi , saat jalan jalan si hidung ini tiba tiba mencium aroma yang enak , sebut saja sate padang . hehe .langsung deh di kasih judul “ SATE PADANG “ jadi deh kayak tulisanya kak diday tea  dan kak onie daulat .

Dan begitu juga dengan indra maupun organ organ  tubuh kita yang lainya .

Intinya , untuk menemukan ide menulis tuh kita jangan sampai menunggu ide itu datang sendiri . karena semakin kita tunggu semakin kita tidak menyadari bahwa si ide itu udah selalu standby di samping kita . pancinglah si ide dengan segala kelebihan yang tuhan berikan di tubuh kita .

 

Ayok rame rame kita tebarkan kail yang banyak  !!! . .  memancing ide ? siapa takut . . .

Kalimantan , 9 desember 2011