Oleh : Siti Zumaroh

 

Bagaimana menggali sebuah ide agar menjadi tulisan?

Gubraaaaaaakkkkk…..salah orang kalau saya disodori pertanyaan seperti itu, seperti halnya bagaimana tips-tips dalam menulis, bingung juga saya memulai dari mana.

 

Saya adalah orang baru (newbie) di dunia tulis-menulis, hanya karena saya berteman dengan para Tukang Kompor Menulis (TKM) lah maka saya akhirnya menebalkan muka dengan membuat suatu tulisan yang di publish di note dan lebih bergairah lagi setelah tergabung dalam grup Proyek Nulis Buku bareng (PNBB)

 

Dapat idenya bagaimana? Entahlah ketika saya berniat menulis atau memikirkan apa yang sebenarnya mau saya tulis, malah semakin buntulah ide-ide itu. Banyak ide yang terekam di memori malah ketika saya sedang diposisi sibuk mengerjakan suatu pekerjaan rumah, sedang di jalan, dll. Sekarang saya berusaha menuliskan ide (intinya) di media yang sedang saya bawa, hape misalnya. Maka, ketika saya sedang di jalan, tiba-tiba terbersit sebuah ide saya tulis dalam sms yang saya simpan kemudian saya pindahkan ketika ketemu lapy atau kompi.

 

Saran saya sebagai newbie kalau pengen bisa menulis, maka banyak-banyaklah bergaul dengan para senior di dunia menulis, tetapi tentu saja yang istiqomah untuk menjadi TKM, karena banyak sekali penulis yang saya kenal tapi jarang mengompori teman lainnya untuk menulis

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,