oleh: Nur Muhammadian

Sejak anda terlahir di dunia yang indah ini sampai saat ini betapa banyak yang anda alami. Begitu banyak ilmu dan pengalaman yang anda dapatkan dalam perjalanan hidup. Begitu besar anugerah Tuhan yang ada dapatkan. Tentu saja anda harus mensyukuri semua itu, atau anda akan mendapatkan azab yang teramat pedih. Pengalaman dan ilmu anugerah Tuhan harus anda syukuri dengan membagikannya kepada orang lain. Caranya dengan menuliskan semua itu, sehingga bisa dibaca orang lain. Menulis adalah kewajiban anda…

Setiap detik anda bernafas, setiap detik pula otak anda menerima informasi.

Setiap detik anda bernafas, setiap detik pula perasaan anda mengolah informasi.

Seluruh panca indera sudah bertahun-tahun, sejak anda lahir, menjadi sarana menangkap informasi.

Dan kepribadian anda terus berkembang jadi seperti anda saat ini.

Sampai kelak suatu saat anda tidak lagi berhak bicara, kecuali seluruh organ tubuh anda, harus menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam sidang akbar yang sangat menentukan nasib anda selamanya.

“Untuk apa ilmu yang kaudapatkan?”

“Pernahkah kau bagi ilmumu?”

Saudara-saudaraku…Saat anda masuk liang lahat, tak ada lagi yang bisa anda lakukan. Tak ada yang bisa membantu anda kecuali jejak-jejak kebaikan yang anda tinggalkan. Hanya anak-anak anda yang sudah anda didik dengan baik, harta yang anda tinggalkan untuk dimanfaatkan banyak orang, dan ilmu bermanfaat yang anda bagikan, yang berpeluang menolong anda.

Setiap pengalaman yang anda dapatkan adalah ilmu.

Setiap kejadian yang anda alami adalah ilmu.

Setiap keberhasilan melewati tantangan adalah ilmu.

Setiap hasil olah pikiran anda adalah ilmu.

Setiap cara anda mendapatkan kebahagian adalah ilmu.

Dan Tuhan memberikan ilmu itu kepada anda untuk anda manfaatkan dan anda bagikan, atau Tuhan akan mengambil lagi semua itu dari anda.

Segera bagikan ilmu anda saudara-saudaraku…Tulislah…! Bukankah kemampuan anda menulis juga harus anda pertanggungjawabkan kelak?

Menulis bukan tentang kemauan, bukan pula mengenai keberanian. Menulis adalah kewajiban.

Hidup efektif dan bahagia…Monggo…

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,