Oleh: Moenir al-banny

Memunculkan ide menulis cerita fiksi:

menulis cerita fiksi walaupun tampaknya mudah tapi akan bisa dirasakan sulit oleh sebagian orang lain. Mungkin sebagian orang itu termasuk anda. Berikut saya mencoba memberikan tips bagaimana agar kita bisa menulis cerita fiksi atau bahkan cerita surealis.
1. Harus alay.


Maksudnya bukan berarti nulisnya “p4d4 5u4tu h4r1…” atau “pâdä süåtú hârí…” tapi kita harus meng-alay-kan (baca: melebih-lebihkan) pengalaman yang menjadi sumber cerita kita . Kalau masalah pengalaman yang menjadi sumber inspirasi sudah dibahas oleh teman-teman lain.
2. Bawa catatan saat akan buang air besar.
Mungkin ini saran paling gila yang pernah anda dengar, tapi coba kalian jawab apa yang kalian lakukan ketika sendirian dan berada di tempat yang sunyi? Pasti melamun! Ya karena itulah catat apa yang kalian lamunkan. Habis ngeden tentunya. Hehe
3. Catat apa yang kamu mimpikan semalam


Inspirasi bisa datang dari mana saja termasuk dari mimpi di waktu tidur. Asal jangan pas mimpi basah aja. Haha

ingat jk.rowlings yang menulis idenya tentang seorang anak yang tidak tahu kalau dia adalah penyihir saat menunggu datangnya kereta di stasiun pada selembar kertas tissu? Lalu tulisan di selembar tissu itu dia kembangkan dan jadilah buku paling best seller di dunia. Ya harry potter. Andapun bisa seperti jk.rowling. Kalau mau menulis. Tinggal menulis lalu kembangkan.

******

23 11 11
tulisan ini ditulis menjelang bobok dengan hape nokia c1-01

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,