Oleh:  ‘Hildan Salam Smangat

Assalamu alaikum wr. wb.

Gaya Nulis Ngebut ala BigHILDAN sangat cocok bagi Anda yang berelemen “API”. Mudah terbakar, reaktif, berbahasa bombastis…halah yang jelas KERJAAN BANYAK dan SERBA KEPEPET.

Tipsnya sangat mudah :

  1.  Pilih tema yang “menyulut”. Biasanya say mudah tersulut dengan tema-tema bisnis, parenting, budaya Jawa dan (maaf) beberapa teman yang suka acara Khilafah2an. Nah, bagi Anda dgn tipikal sejenis saya pasti punya tematim tertentu yang sangat “menyulut”.
  2. Segera ambil alat tulis atau keyboard/laptop juga boleh. Tuangkan hal-hal “menyulut” tadi dengan segera. Tulis dengan cepat tanpa perlu peduli tanda baca atau pun kaidah penulisan. Karena hal tersebut bisa dilakukan diakhir waktu.
  3.  Beri tenggat waktu maksimal 2 jam tulisan selesai. Saya pribadi rata2 menulis 3-4 halaman folio maksimal 2 jam. Tujuannya adalah supaya energi “menyulut” yang Khas orang2 elemen Api ini cepat tersalurkan. Karena letupan diawal yang besar, biasanya tidak tahan lama. Begitu ditunda beberapa jam, apalagi beberapa hari..wah dipastikan tulisannya tidak bakal selesai.
  4. Jika tulisan sudah 90% selesai, selanjutnya direvisi. Perhatikan tanda baca dan detail. Kelemahan orang2 tipikal ini adalah pada detail. Ditakutkan ada kata-kata yang kurang sopan dan menyinggung pihak lain.
  5. Jika sudah 100% rampung segera tekan Ctrl+S dan posting di Dokumen Facebook dan simpan di drive D (DATA). Tipikal orang-orang seperti ini : Pelupa, Tidak suka detail, Sistem penyimpanan kacau. Nah…FB bisa dijadikan penyimpanan data yg mudah, apalagi segera diposting di PNBB.

Wassalamu alaikum wr. wb.
Smangat Menulis ya…

HILDAN FATHONI

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,