Oleh: Azzurit Hijau 125

Menulis bagi sebagian besar orang masih dianggap sebagai sesuatu yang menyulitkan, bahkan memusingkan. Padahal sejak kecil telah diajari untuk menulis, tapi kenapa tak mau menuliskannya? Pelit. Bukankah banyak hal yang bisa dilihat, didengar dan dirasakan? Pengalaman itu berharga dan unik, tak semua orang mengalami pengalaman yang sama. Jadi, berbagilah dengan menulis.

Menulis adalah sesuatu yang menyenangkan dan membahagiakan, sesuatu yang bisa membuat jatuh cinta. Tak percaya? cobalah untuk menulis dan terus menulis, maka kelak akan sampai pada satu titik indah : jatuh cinta menulis.

Saya akan berbagi tips dalam menulis, tips yang saya dapatkan setelah saya menulis dan merasakan jatuh cinta menulis.

1.Rubahlah mindset
Berpikirlah jika menulis itu mudah dan menyenangkan. Dengan itu, maka otak akan mudah untuk diajak menulis.

2. Tulislah apa yang Anda pikirkan
Menulislah saat merasakan suka ataupun duka. Suka akan semakin membahagiakan, dengan menuliskannya. sementara duka akan lenyap karena telah terbagikan. Menulis pun bisa dijadikan sebagai terapi penghilang duka yang efektif.

3. Lupakan pengkotakan tulisan
Hindarilah memikirkan pengkotakkotakan tulisan, karena pikiran tak akan berkembang dalam kotak. Menulislah sebebasnya, mau apapun bentuknya-fiksi, cerpen atau curhat-, tetaplah menulis.

4. Tulislah sekarang juga
Ide itu seperti jelangkung, yang datang tanpa diundang dan pergi sebelum diusir. Jadi, saat ide datang, ikatlah dengan menuliskannya. Jika waktu belum memungkinkan, sebaiklah tulislah terlebih dahulu idenya, agar bisa dikembangkan saat waktu mendukung.

5.Menulislah walau sedikit
Seperti kata pepatah : sedikitsedikit lamalama menjadi bukit. Maka, menulislah walau hanya sebuah kalimat atau sebuah paragraph.

6. Teruslah menulis
Roma tidak dibangun dalam satu hari. Dan, tidaklah cukup hanya satu hari untuk menjadi penulis, latihanlah menulis setiap hari, agar kemampuan menulis bisa berkembang dengan pesat. Tidak ada hal instant di dunia ini, berjuanglah.

Jadi, latihanlah untuk menulis setiap hari, walau hanya berupa sebuah paragraph saja, dan janganlah berhenti menulis. Longlife writing.

Ruang pelangi, 23 november 2011