Oleh: Maulida Azizah

Seringkali teman saya sudah menganggap saya sebagai penulis walaupun sebenarnya saya hanyalah orang yang suka nulis. Seringkali pula saya ditanya bagaimana cara menulis atau bahkan ada yang meminta untuk diajarkan menulis. Saya pun hanya dapat memberikan saran yaitu “Tulis saja apa yang ingin kamu tulis!” Belajar menulis adalah dengan menulis. Tulisan kita tak akan berkembang jika hanya diam tanpa memulainya. Karena teori pada dasarnya akan menjadi tumpukan bangkai tanpa dipraktekan.

Jika kemudian bingung hendak memulai menulis, maka berhentilah sejenak. Barangkali kita masih terlalu memikirkan apa yang hendak ditulis. Seperti pesan pak Heri, tulislah apa yang dipikir, bukan memikirkan apa yang ditulis. Jika kemudian ada celetukan tulisanku hasilnya tidak bagus, maka jangan pernah sekalipun mempermasalahkannya. Karena memang inilah dulu yang harus dilalui sebelum berhasil. Seperti lukisan yang awalnya coretan tak beraturan, lambat laun tangan seniman pandai gemulai, memainkan kuas membentuk indah lukisan. Seperti itu juga menulis, semakin lama maka akan semakin pandai pula kita memainkan kata dalam tulisan.

Tips menulis saya:

Tulis semua yang hendak ditulis. Seringkali banyak ide yang bermunculan namun kita bingung menuangkan. Kita bingung masih memikirkan bagaimana agar ide tersebut langsung tertuang dengan indah. Tulis saja dahulu ide-ide tersebut meskipun nanti hasilnya masih tak beraturan. Tulis saja dahulu semuanya, meski nanti hasilnya masih carut-marut.

Setelah ide tertuang, maka pilahlah setiap ide yang sudah kita tulis. Pilahlah juga setiap paragraph yang sudah terbentuk dan sambungkanlah antar paragraf.

Perhatikan kembali kata-kata dalam setiap paragraf. Perbaiki kalimat yang masih terasa janggal. Perindah kata dengan beberapa pilihan kosakata. Sebenarnya, menulis hanyalah soal mengolah kata-kata, bagaimana kita bisa memainkannya.

Rajinlah membaca buku untuk menambah wawasan, agar banyak informasi yang tertuang, agar banyak kosakata yang dapat dimainkan.

Jika ingin pandai dalam menulis maka belajarlah dengan cara rajin menulis. Ayo ayo ayo Indonesia menulis ^^.

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,